Thursday 24 September 2015

Penyebab Musibah Mina 2015

Penyebab Musibah Mina pada Hari Kamis, 24 September 2015MUSIM haji th. ini belum berhenti terlepas dari jalan penuh cobaan. Belum selesai investigasi insiden jatuhnya crane di Masjidil Aqsa, terbakarnya hotel, robohnya tenda jamaah, saat ini datang lagi berita memilukan dari Makkah.

Kurang lebih 717 orang dilaporkan wafat waktu melakukan ritual haji di Mina, Kamis (24/9).

Penyebab Musibah Mina jamaah telah sangatlah berdesak-desakan di cuaca panas. Lantaran hal semacam itu, banyak jemaah yang tidak kuat serta jatuh, terinjak-injak serta wafat.

Penyebab Musibah Mina pada Hari Kamis, 24 September 2015

Hingga sekarang ini telah ada 717 jemaah haji yang wafat dunia disebabkan tragedi di Mina. Sesaat yang luka-luka sejumlah 805 jemaah disebabkan berdesakan.

Berdasar pada Direktorat Kementerian Agama, Kamis 24 September 2015 tragedi ini berlangsung disangka disebabkan ada jamaah yang bakal lakukan jumrah Aqabah mendadak berhenti di jalan Arab.


Pray For Mina 2015

Lantaran berhenti, jamaah yang ada pada barisan belakang mendorong jamaah yag di depan hingga berdesakan serta banyak wanita serta orangtua yang jatuh jadi korban.

Untuk meyakinkan adakah korban dari jamaah Indonesia, Tim PPIH telah turun ditempat peristiwa momen (TKP) serta di RS Mina Al-Jisr, tempat banyak korban dievakuasi ke rumah sakit itu.

Berdasar pada informasi tim di lapangan, ada satu korban jamaah haji Indonesia. Hingga sekarang ini korban itu tengah diidentifikasi. Diinginkan kurun waktu dekat bakal selekasnya di sampaikan jati diri serta kloter asal jamaah haji itu.

Untuk menghindar terjadinya semakin banyak korban, PPIH selalu bekerjasama bukan sekedar dengan petugas PPIH di lapangan, namun dengan juga Difa Madani atau sejenis tubuh penanggulangan bencana Arab Saudi untuk memperoleh info yang lebih up to date, terutama pada wilayah-wilayah yg tidak dapat dijangkau PPIH.

PPIH Arab Saudi telah mulai sejak awal menghadapi kepadatan jamaah yang bakal melempar jamarat dengan keluarkan larangan untuk melontar jumrah aqabah pada jam 8. 00-11. 00 tanggal 10 Dzulhijjah.
Karena waktu itu yaitu saat dimana jamaah ramai-ramai pergi ke Jamarat untuk melontar jumrah. Untuk tanggal 11 serta 12 Dhulhijjah, jamaah haji Indonesia diimbau tidak untuk melontar jumrah mulai Jam 13. 00-16. 00.

No comments:

Post a Comment